Daftar Penyakit yang Ditimbulkan dari Dengkur

Ini Dia Daftar Penyakit yang Ditimbulkan dari Dengkur

Ada berbagai bahaya yang mengancam di balik dengkuran saat tidur. Suara mendengkur ternyata berakibat buruk bagi kesehatan. Bagi Anda yang punya kebiasaan ini perlu menyimak daftar penyakit yang ditimbulkan dari dengkur.


Dalam kesehatan pola gangguan tidur atau sleep apnea mengakibatkan minimnya oksigen masuk ke dalam otak. Sehingga memicu berbagai masalah kesehatan ringan dan berat. Simak beberapa contohnya dalam daftar penyakit yang ditimbulkan dari dengkur.

Daftar Penyakit yang Ditimbulkan dari Dengkur / Ngorok

  1. Gangguan Napas


Henti napas atau obstructive sleep apnea (OSA) dapat terjadi sewaktu tertidur lelap. Ditandai suara mendengkur keras dan napas terengah-engah. Ini tanda terjadinya penyempitan saluran napas ketika seseorang tidur.

Sebagai akibatnya terjadi penurunan oksigen sehingga melemahkan cara kerja jantung kita. Ya, sakit jantung merupakan salah satu poin dari daftar penyakit yang ditimbulkan oleh dengkur.

  1. Jantung dan Stroke

 
Serangan jantung sering berhubungan erat dengan masalah stroke.  Mereka yang mendengkur cenderung memiliki penebalan pada arteri karotis. Arteri ini biasanya memasok otak dengan darah beroksigen. Jika terjadi pengerasan arteri maka dapat terjadi serangan jantung dan pendarahan otak pemicu stroke.

  1. Diabetes

     Keterkaitan penyakit kronis diabetes dengan tanda mendengkur ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Kelebihan berat badan atau obesitas bisa jadi salah satu penghubung antara tanda dengkuran dengan gejala diabetes tipe dua. Sumbatan napas yang kerap terjadi dalam tidur dapat memicu hormon stress dan akhirnya membuat kadar insulin meningkat.

  1. Hipertensi pada Ibu Hamil

     Gangguan tidur berpotensi memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini terutama penting diwaspadai oleh wanita hamil. Mendengkur pada masa kehamilan menjadi salah satu tanda meningkatnya tekanan darah. Tidak hanya itu, juga menjadi penyebab terhambatnya pertumbuhan dari janin.

Sebanyak 10 persen ibu hami yang selalu mendengkur banyak mengalami preeklampsia dengan diiringi oleh meningkatnya tekanan darah, serta adanya penambahan kadar protein pada urinennya. Karenanya para Ibu yang sering mendengkur berisiko memiliki bayi dengan berat badan lahir yang rendah.

Langkah-langkah dan Cara Mencegah Tidur Mendengkur  dianjurkan untuk tidur miring ke kiri dimana posisi ini akan membantu lancarnya aliran darah kepada janin. Cukupi juga kebutuhan zat besi, asam folat, dan Vitamin B sejak awal kehamilan.

  1. Amandel dan Alergi

     Orangtua perlu mewaspadai jika anak-anak mulai sering mendengkur. Bisa jadi si kecil mengalami pembesaran kelenjar amandel dan juga alergi pernapasan. Selain dengkuran yang dibarengi mendengus, umumnya dia akan tidur dengan mulut terbuka untuk mencari oksigen.

   Apabila terjadi maka secepatnya berkonsultasi dengan dokter guna mengantisipasi masalah sleep apnea pada anak-anak. Kualitas tidur yang buruk bisa mengurangi konsentrasi belajar anak di sekolahnya.

Inilah daftar penyakit yang ditimbulkan dari dengkur dengan demikian gejalanya dapat diatasi sesegera mungkin. Jangan sampai membahayakan kesehatan kita atau orang terdekat untuk itu anda harus mencari tahu segera Cara Menghilangkan Dengkur Secara Alami

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *