Cara Mengobati Dengkur Kronis

6 Bahan Makanan untuk Cara Mengobati Dengkur Kronis

Ada berbagai cara mengobati dengkur yang dialami oleh kaum pria maupun wanita, di antaranya lewat bahan makanan yang sering kita jumpai sehari-hari. Biasanya mendengkur dapat terjadi karena banyak faktor. Masalah alergi di hidung, rongga tenggorakan menyempit, kegemukan atau obesitas, serta cara tidur yang kurang nyaman.


Seandainya tidak menghawatirkan, misalnya dibarengi gejala sakit tertentu, maka cara mengobati dengkur ini cukup sederhana, yaitu melalui bahan makanan tertentu yang bernutrisi.

Berikut sejumlah cara mengobati dengkur, yaitu dengan mengelola porsi makan harian. Jika rutin menerapkan gaya hidup sehat maka siklus dengkuran dapat dikurangi perlahan-lahan.

Beberapa  cara mengobati dengkur

  1. Madu dan Lemon

Madu adalah obat Tradisional Dengkur yang efektif untuk mengobati dengkuran. Herbal alami ini bersifat anti-inflamasi juga anti-mikroba yang efektif untuk meringankan tarikan napas.

Cara pengobatan:

Campur dua sendok madu murni dengan segelas air hangat. Jika ada tambahkan beberapa tetes sari jeruk lemon. Sebaiknya diminum setelah makan pada sore atau malam hari.

  1. Ikan-ikanan

    
Jenis ikan seperti salmon atau sarden mengandung asam omega 3, yaitu asam lemak yang memproduksi kolesterol baik. Kandungan ini akan mengikis akumulasi lemak di sekitar tenggorokan dan saluran hidung. Jadi kurangi konsumsi daging merah, perbanyak makan ikan segar. Minimal selama dua minggu selama terapi ngorok Anda berlangsung.

  1. Teh Mint


Teh mint sangat baik untuk mengobati berbagai penyebab dengkuran. Teh herbal ini mengandung dekongestan pelega napas. Khasiatnya ampuh mengurangi getar-getar suara ketika tidur.

Manfaat anti-inflamasi dalam daun mint dapat redakan bengkak pada selaput hidung dan tenggorokan. Dengan aliran udara segar maka secara otomatis pula dilema sleep apnea tersebut dapat dikurangi.

  1. Minyak Zaitun


Cara mengobati dengkur yaitu dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh pada makanan. Sebagai gantinya masaklah sayuran segar menggunakan beberapa tetes minyak zaitun atau olive oil. Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh yang cocok untuk obati masalah tenggorokan.

  1. Susu Kedelai

     Suka meminum susu sapi? Laktosa pada susu sapi berpotensi melonjakan berat badan seseorang. Timbunan lemak di sekitar leher dan bahu berpengaruh pada rongga tenggorokan. Jika ukurannya makin sempit maka suara dengkur pun semakin melengking.

         Agar tubuh tidak kehilangan nutrisi minuman, susu kedelai bisa dipilih sebagai ganti susu sapi. Susu kedelai memiliki kandungan nabati baik yang tidak memicu produksi lemak jenuh dan lendir pada kerongkongan.

  1. Rempah-rempah

    Bahan herbal seperti kunyit, temulawak dan jahe baik dikonsumsi sebagai obat radang. Sifat anti-septik dan anti-inflamasi menjadi obat herbal terbaik untuk mengobati segala masalah dengkur-mendengkur.

       Cara mengobati dengkur dengan ramuan herbal rempah: pertama tumbuk kasar irisan kecil jahe, kunyit, atau temulawak. Pilih salah satu favorit Anda rebus dalam air mendidih. Saring sari-sarinya ke dalam gelas dan bisa dicampurkan dua sendok teh madu. Minumlah tepat satu jam sebelum Anda beranjak tidur.

       Itulah beberapa cara mengobati dengkur melalui bahan makanan. Semoga dapat bermanfaat untuk menjaga kenyamanan tidur sepanjang malam. Baca Juga : Obat Tradisional Untuk Menghilangkan Dengkur

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *