Langkah-langkah Cara Mencegah Tidur Mendengkur

Mau Coba Langkah-langkah Cara Mencegah Tidur Mendengkur / Ngorok? Mudah!

Mungkin Anda sedang mencari langkah-langkah untuk mencegah tidur mendengkur bagi seseorang. Ya, kebiasaan ngorok di kehidupan sehari-hari bukan perkara sepele. Tetapi lambat-laun dapat membuat orang lain di dekat si pendengkur itu merasa jenuh.

Kisah nyata ada seorang pria di daerah Yaman yang menceraikan istrinya dengan alasan mengorok sepanjang malam. Bahkan sang istri menolak sejumlah langkah-langkah untuk mencegah tidur mendengkur.

Layaknya penyakit lain efek dengkuran keras sangat meresahkan. Secara kesehatan bisa merupakan sinyal negatif pada kerja pernapasan dan irama jantung.

Maka bagi orang terdekat Anda sekali waktu dapat disarankan langkah-langkah untuk mencegah tidur mendengkur. Jelaskan segala resiko sosial maupun efek kesehatan akibat kebiasaan ngorok yang kronis.

Berikut ini adalah sejumlah langkah sederhana untuk pencegahan dengkur. Bisa diterapkan untuk diri sendiri maupun para pendengkur yang lain.

Langkah dan Cara Mencegah Serta Mengatasi Tidur Mendengkur / Mengorok

  1. Posisi Tidur

     Mengubah kebiasaan tidur terlentang akan baik untuk pencegahan dengkur. Menurut penelitian gaya tidur bertumpu pada punggung akan memacu getaran suara dari tenggorokan. Nah, sebagai gantinya biasakanlah cara tidur miring atau menyamping.

  1. Semprotan Nasal

     Apabila rongga hidung tersumbat maka peredaran oksigen jadi terhambat dalam tubuh kita. Terutama di waktu malam yang cenderung dingin suhu udaranya.

Untuk langkah pencegahan ini Anda bisa menggunakan semprotan nasal ataupun nasal strip. Bahan dekongestan bermanfaat untuk memberi kelegaan pada lubang-lubang hidung.

  1. Teh Mint

      Teh mint merupakan herbal penyegar tubuh yang ampuh mencegah tidur mendengkur. Cara membuatnya sangat mudah dimana Anda bisa menyeduh segelas teh hijau dengan sedikit gula. Kemudian meletakkan dua sampai tiga lembar daun mint segar. Minum hangat-hangat dua jam sebelum tidur malam.

  1. Melakukan Program Diet

     Kegemukan atau obesitas rentan mengundang kebiasaan mendengkur yang parah. Lakukan program diet sehat apabila bobot tubuh bertambah dan mulai sering mengorok.

     Untuk langkah diet dalam program ini sama halnya seperti biasa, yaitu dengan menjaga pola makan harian kita. Konsumsi rendah lemak dan kalori diimbangi kecukupan serat serta nutrisi alami. Semisal dari sayur, buah, lauk beprotein.

Namun terutama hindari makan banyak karbohidrat dan makanan berminyak jelang istirahat malam. Jangan lupa meminum segelas air bening untuk mencegah efek kering pada kerongkongan.

  1. Olahraga Pernapasan

     Metode olahraga tertentu sangat mendukung kebugaran tubuh sewaktu tidur, antara lain dengan latihan senam mulut sembari menarik napas panjang dan pendek. Olahraga yoga juga sangat baik dilakukan agar ritme pernapasan semakin teratur.

Baca Juga : Alat Penghilang Dengkur SD Magnetics

       Demikian tadi rekomendasi hidup sehat tentang langkah-langkah untuk mencegah tidur mendengkur. Nampak sederhana tetapi cukup efektif kalau diterapkan secara rutin. Jangan lupa kurangi jadwal merokok, minum beralkohol, camilan manis atau yang bergoreng. Ya, kualitas tidur makin nyaman apabila tubuh dalam kondisi segar-bugar setiap hari. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *