Bahaya dan Resiko Tidur Mendengkur

Menghindari Berbagai Bahaya dan Resiko Tidur Mendengkur

Jangan sepelekan berbagai bahaya dan resiko tidur mendengkur. Salah satu gangguan tidur atau disebut sleep apnea ini dapat menjadi gangguan serius apabila berlarut-larut.

Orang yang mendengkur nampak larut dalam nyenyak tidur dan mimpi indah. Tetapi sebenarnya ketika itu si pendengkur tengah berjuang untuk menghirup udara yang tersumbat pada saluran napasnya.


Smeua ini karena daerah bagian atas tenggorokan dan lidah bergabung ke langit-langit mulut dan bergetar. Sehingga kemudian menyebabkan suara keras keluar saat tidur. Jika mungkin pasangan istri atau suami dapat memaklumi, tapi bagaimana dengan kenyamanan orang lain di luar kamar pribadi Anda.

Nah oleh karena itulah, bahaya dan resiko tidur mendengkur harus diwaspadai pengaruhnya. Selain berdampak pada relasi atau hubungan juga tentunya kesehatan diri sendiri.

Bahaya & Resiko dari Tidur mendengkur atau Mengorok

  1. Malu Akibat Mendengkur


Bepergian dengan teman-teman atau rekan kerja dan harus menginap. Kebiasaan mendengkur tentu membuat was-was apabila tidur sekamar dengan orang lain. Apalagi jika teman sekamar itu bercerita tentang ketidaknyamanan dirinya saat tidur di dekat seorang pendengkur.

 Solusi yang dapat Anda lakukan adalah minum air bening sebelum tidur. Selain itu, coba semprotkan oksigen pelega napas ke sekitar hidung dan mulut. Sedangkan untuk meredam suara tariklah selimut hingga separuh wajah dan posisikan arah berbaring ke samping. Menjauh dari posisi tempat tidur milik teman Anda.

  1. Mengusik Hubungan Suami-Istri

    Ternyata suara mendengkur bisa sangat berpengaruh pada hubungan rumah tangga. Tidak semua pasangan betah pada kebiasaan ngorok yang berlangsung hampir setiap malam. Kualitas tidur menurun sangat berpotensi meningkatkan intensitas emosi dari kedua pihak. Karenanya bahaya dan resiko tidur mendengkur ini punya pengaruh besar bagi kedamaian dalam keluarga.

  1. Kesehatan Menurun

    Kondisi yang disebut sleep apnea dapat menurunkan jumlah oksigen dalam darah dan kemudian mengubah irama jantung. Selain gangguan pada ritme kardiovaskular, ancaman bahaya dan resiko tidur mendengkur mulai dari disfungsi ereksi, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga stroke berat. dan berbagai penyakit lainnya seperti berikut Daftar Penyakit yang Ditimbulkan dari Dengkur

Menurut penelitian Journal of The American College Of Cardiology, orang-orang yang mengalami sleep apnea memiliki resiko terkena serangan jantung lebih tinggi 40 persen, ketimbang orang yang tidur nyenyak tanpa masalah.

  1. Pemicu Kematian Saat Tidur

    Banyak kisah kematian yang terjadi saat orang sedang tertidur nyenyak. Salah satu tandanya adalah suara ngorok, meskipun terlihat sudah jadi kebiasaan wajar, akan tetapi seringkali dengkuran itu pertanda gangguan nafas dan jantung. Jika pendengkur tidak segera bangun atau dibangunkan maka akibatnya bisa sangat fatal.

Jadi gangguan tidur ngorok itu tidak boleh disepelekan dan harus diobati sesegera mungkin.

Apabila merasa bobot tubuh naik diikuti kebiasaan mendengkur maka Anda perlu menyusun program olahraga rutin, serta menerapkan pola diet sehat. Semuanya demi mencegah bahaya dan resiko tidur mendengkur dalam hubungan sehari-hari dan kesehatan pribadi kita sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *